Mengenal teknologi HSDPA pada ponsel

imagesHigh-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) adalah sebuah protokol telepon genggam dan kadangkala disebut sebagai teknologi 3,5G. Teknologi ini dikembangkan dari WCDMA sama seperti EV-DO mengembangkan CDMA2000. HSDPA memberikan jalur evolusi untuk jaringan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) yang akan dapat memberikan kapasitas data yang lebih besar (sampai 14,4 Mbit/detik arah turun). HSDPA merupakan evolusi dari standar W-CDMA dan dirancang untuk meningkatkan kecepatan transfer data 5x lebih tinggi. HSDPA memdefinisikan sebuah saluran W-CDMa yang baru, yaitu high-speed downlink shared channel (HS-DSCH) yang cara operasinya berbeda dengan saluran W-CDMA yang ada sekarang, tetapi hanya digunakan dalam komunikasi arah bawah menuju telepon genggam.

Beberapa vendor telepon seluler sudah menyediakan fasilitas HSDPA pada handphone yang sudah dapat dijangkau dengan harga yang relatif murah. inilah bukti berkembangnya teknologi 3,5G yang menyempurnakan teknologi 3G yang sudah ada sebelumnya. Dari nokia meluncurkan Nokia 6120 Classic yg mendukung teknologi HSDPA yang dibandrol dengan harga yang menggiurkan untuk ponsel sekelas HSDPA. Sedangkan untuk Sony Ericson merilis K630 yang mengusung bendera HSDPA juga pada fitur ponsel ini dengan harga yang hampir sama dengan 6120 Classic milik nokia. Selain K630 Sony Ericson juga merilis ponsel ponsel yang luar biasa dengan dukungan HSDPA dan juga dilengkapi dengan kamera 5MP, yaitu seri K850i yang benar-benar merupakan ponsel cybershoot yang bisa dibanggakan.

Ok selamat mencoba dan menikmati kehebatan teknologi HSDPA pada ponsel anda. So teknologi selalu berubah tanpa kita duga kapan terjadinya,maka kitapun harus juga selalu mengalir mengikuti teknologi agar dunia kita semakin mudah dengan berkembangnya teknologi.

(Sumber : wikipedia)

%d blogger menyukai ini: