Uji Performa 5 Ponsel QWERTY

imagesParameter pengujian yang dikembangkan di rubrik test menjadi sandaran uji performa ini. Kenali kelebihan dan kekurangan masing-masing agar pemanfaatannya menjadi optimal.

Selular melakukan uji performa terhadap lima produk ponsel QWERTY dari lima vendor ponsel lokal. Parameter yang digunakan adalah desain, internet (browser, FB, Chatting), kapasitas dan performa baterai, dual on, messaging, multimedia, layar, fitur unik, dan harga. Berikut pengujian pada lima produk yakni Asiafone AF903, HT Mobile H30, Micxon S900, Mito 8100, dan Nexian NX-G Series :

DESAIN
Asiafone AF903
Inilah yang agak membuat kita tercengang ketika sekilas melihat desain ponsel ini. Bila dijejer dengan BlackBerry Bold tampak seperti pinang dibelah dua. Begitu pula dengan struktur keypadnya, mirip sekali. Namun, bila diteliti lebih jauh barulah ada beberapa perbedaan. Dari sisi dimensi: panjang, lebar, dan tebal hanya selisih dua milimeter dan beratnya terpaut sepuluh gram, lebih berat Asiafone AF903. Ditilik dari sisi kualitas material berbeda, lebih bagus BlackBerry Bold. Dan, perbedaan yang cukup mencolok adalah logo Asiafone terpampang jelas di bagian depan, di atas layar.

HT Mobile H30
Tampaknya HT Mobile terinspirasi dengan desain Nokia E71 untuk membangun struktur bodinya. Cara menirunya tidaklah copy paste, ada beberapa bagian sengaja dibuat tidak mirip. Meski susunan QWERTY diadopsi, tapi bentuk tutsnya dan navigasinya ada perbedaan. Begitu juga pada bagian belakang, cover baterai terbuat dari bahan plastik saja, sedangkan Nokia E71 terbuat dari bahan metal.

Micxon S900
Desain BlackBerry Javelin (Curve 8900) yang elegan menjadi acuan Micxon untuk membuat seri S900. Lekuk-lekuk bodinya mirip sekali, hanya saja dimensi Micxon lebarnya lebih kecil 4 mm dibanding Javelin dan lebih berat Micxon, terpaut 26 gram. Tidak memiliki trackball, navigasi empat arah berupa tuts di bagian kanan bawah dengan tanda panah ke kanan kiri dan atas bawah. Tak sekadar mencontek desain fisik, desain ikon-ikon menu juga dibuat serupa pada BlackBerry asli. Tampak belakang juga agak mirip, hanya berbeda tata letak lensa kamera.

Mito 8100
Vendor Mito Mobile tidak mencontek BlackBerry pada seri ini, tapi yang dicontek adalah Nokia E71 yang cukup popular. Seri Mito 8100 bukan cuma mirip, tapi bisa dibilang kembar identik dengan Nokia E71 bila dilihat dari tampak depan maupun belakang. Kualitas bahan keypad, bentuknya, dan navigasinya boleh dibilang hampir sama. Cover baterai juga dibuat mirip, dengan bahan logam dilapisi bahan plastik di bagian dalam. Tidak selesai sampai di situ menconteknya, pada bagian ikon menu juga ditiru, namun dengan fungsi yang agak berbeda.

Nexian NX-G series
Vendor yang satu ini cukup gesit bekerja sama dengan operator besar seperti XL, Indosat, dan Telkomsel. Dari sisi tampilan memang terlihat hampir sama, begitupun dengan penamaan serinya. Bila yang dibundling dengan XL serinya NX-G900, Indosat serinya NX-G911 (dengan logo Indosat), dan Telkomsel serinya NX-G922. Tapi, dari sisi kualitas material ada perbedaan yang tidak mencolok pada seri yang dibundling masing-masing operator. Strukturnya mirip dengan BlackBerry dengan jajaran keyboard QWERTY tanpa trackball di tengahnya. Rangkanya seperti terbuat dari sepuhan bahan logam berwarna perak. Warna hitam terlihat dominan dengan bahan terbuat dari plastik yang tidak begitu kokoh. Tampak belakang juga tidak sama persis, terlihat dari frame lensa kamera dan lubang speaker yang sedikit berbeda ukuran. Ketika baterai dibuka, baru ketahuan jeroannya, slot dual SIM card dan slot micro SD tata letaknya sama persis. Ukuran baterainya juga sama persis.

INTERNET BROWSER, FB, DAN CHATTING
Asiafone AF903
Tak ada tombol shorcut untuk akses internet browser, FB, dan chatting. Untuk akses internet bisa lewat WAP browser (services) berlogo bola dunia pada menu utama. Selain itu bisa pula lewat Asiafone Link yang berisi Java application untuk Opera Mini, eBuddyBeta, dan tautan ke m.facebook.com. Untuk bisa akses internet, sudah tersedia setting proxy GPRS operator seperti XL, Satelindo, Three, Telkomsel, Axis, dan IM3. Kita bisa pilih dengan salah satu setting proxy operator tersebut secara manual karena tidak memiliki setting wizard yang bisa langsung mengenali kartu yang dipakai.

HT Mobile H30
Untuk mengakses aplikasi WAP browser tak perlu dalam-dalam menelusuri menunya. Tampilan home screen mirip antar muka Symbian S60 3rd edition, sehingga shorcut untuk akses wap browser bisa . Begitu juga dengan akses m.facebook.com dan email bisa diletakkan di home screen. Aplikasi untuk browsing internet dan chatting terletak di menu> Java> Opera Mini3, eBuddy, atau Yamee (Yahoo!Messenger). Dua kartu yang aktif bisa digunakan untuk akses GPRS, tapi penggunaannya harus bergantian dengan memilih salah satu profile kartu operator. Setting proxy operator yang tersedia adalah Indosat, Telkomsel, XL, Three, dan Axis.

Micxon S900
Home screen Micxon S900 mirip dengan BlackBerry, di sini terpampang ikon bola dunia untuk akses WAP browser. Namun, pada produk sampel yang kami uji untuk proxy setting GPRS belum lengkap. Pada SIM1 baru tersedia setting proxy Indosat dan pada SIM 2 hanya tersedia setting proxy Axis. Jika sudah benar pilihan kartu dan setting profile operator, kita bisa mulai ber-facebook-ria, chatting, dan berselancar dengan WAP browser. Saat mengakses situs berita m.kompas.com dapat menampilkan teks dan gambar dengan jelas.

Mito 8100
Desain antar muka mirip dengan Nokia E71 yang ditirunya. Secara default, home screennya menampilkan akses cepat ke m.facebook, wap.yahoo, dan aplikasi eBuddy. Tapi, sebelum mengakses situs jejaring sosial, browsing, dan chatting, kita harus setting dengan benar kartu operator yang digunakan. Mito 8100 dilengkapi dengan setting proxy GPRS operator Telkomsel, XL, Indosat, Three (3), dan Axis. Setelah itu, aktivitas yang berhubungan dengan internet akan lancar. Ada lagi yang cukup memudahkan pengguna untuk akses Facebook dengan cepat, yaitu tombol shorcut FB yang terletak di samping kanan tombol navigasi.

Nexian NX G series

sumber : http://www.selular.co.id

%d blogger menyukai ini: