PHP 6 Terbaru Support Karakter Unicode

PHP 6, sebuah upgrade bahasa dinamis open source populer untuk aplikasi web kini telah support dengan kemampuan internasionalisasi via Unicode. “Dalam PHP 6, semua akan dijadikan default dengan Unicode. Platform PHP 6 juga akan dilengkapi fitur menggunakan karakter Unicode untuk identifier atau bisa convert huruf atau symbol tertentu.” ungkap Andrei Zmievski, developer PHP core.

Unicode untuk PHP ini untuk globalisasi, dimana developer dapat membuat aplikasi untuk semua kesempatan bisnis. “Unicode memberikan kemudahan untuk developer menulis aplikasi yang dapat disesuaikan dengan berbagai alphabet dan encoding. Membuat mudah menulis aplikasi yang dapat diubah bahasanya menjadi bahasa China, Jepang, ataupun Inggris. “Jika PHP 6 sudah support dengan Unicode, maka tinggal diuji untuk aplikasi dan framework ternama, seperti Drupal.” ulas Andi Gutmans, developer PHP core dan CEO Zend Technologies. Namun, developer PHP core masih membutuhkan pengembangan item Unicode seperti untuk cookies dan PDO (PHP Database Objects).

Belum ada tanggal rilis resmi dari PHP 6 yang dimungkinkan mengikuti peluncuran PHP 5.3 Juni lalu. Dengan PHP 6 ini juga termasuk adanya improvisasi jumlah fungsi atau code yang dapat ditangani PHP, termasuk untuk long number, tanpa mengalami masalah multi pewarisan.

source : http://cyberionmedia.com