Ponsel Tenaga Surya

Mungkin anda masih ingat tahun 90an, negara kita dihebohkan dengan munculnya kalkulator tenaga Surya. Anak-anak begitu antusias memainkan alat hitung tersebut, dianggapnya sesuatu hal yang menarik karena ketika panel surya dihalangi dari cahaya, maka kalkulator tersebut akan mati.
samsunge1107_thumb
Seiring mengikuti perkembangan zaman, untuk menghindari pemanasan global, muncullah inovasi-inovasi ramah lingkungan. Seperti yang diterapkan oleh Samsung, sebuah perusahaan asal korea yang mampu mendunia.

Mungkin terinspirasi oleh kalkulator tenaga surya yang sudah ada sejak lama, akhirnya Samsung berhasil menciptakan ponsel bertenaga surya yang pertama di dunia. Yang pertama kali keluar adalah Samsung E1107 Crest Solar, dan disusul oleh Samsung Blue Earth.
Samsung E1107 crest Solar

Batrai ponsel Samsung E1107 Crest Solar dapat diisi ulang dengan bantuan tenaga surya, dan itu dapat digunakan untuk 5 sampai 10 menit waktu bicara untuk pengisian dalam jangka waktu 1 jam. Ini semua berkat bantuan panel surya yang terdapat di balik ponsel tersebut.

Ini sangat membantu sekali dalam pengurangan penggunaan listrik yang bersumber dari bahan bakar yang tidak ramah lingkungan. Seperti yang kita ketahui, di Indonesia sumber listrik sebagian besar masih berasal dari pembangkit listrik yang tidak ramah lingkungan, seperti solar dan batu bara.

E1107didukung jaringan dual-band 800/1900 GSM / EDGE, FM radio, with the MP3 Player, GPS, a flashlight, and Mobile Tracker application. Harga Samsung E1107 Crest Solar belum diketahui, namun akan segera muncul ke pasaran sekitar bulan Juni 2009.

Seakan tak pernah puas dengan hasil kreasinya, tidak hanya membuat ponsel berbentuk candybar (seperti E1107), Samsung pun membuat inovasi baru dengan meluncurkan ponsel touchscreen, Samsung Blue Earth. Sama halnya dengan E1107, Samsung BlueEarth dilengkapi dengan panel tenaga surya, sehingga ponsel anda dapat terisi ulang secara otomatis ketika terkena cahaya matahari. Hampir sama dengan E1107, Samsung Blue Earth bisa menambah waktu bicara selama 10 menit jika pengisian dari panel surya dilakukan selama 1 jam. Samsung mengklaim bahwa ponselnya dapat menghemat energi sampai 80% dibandingkan ponsel konfensional.

Untuk spesifikasi ponsel ini, belum diberitahukan ke publik. Belum diketahui kapan munculnya, mungkin pada akhir tahun 2009.

Tertarik membelinya ? Nantikan saja kehadirannya di kota anda. Karena ponsel ini dikabarkan akan dipasarkan pula di Asia Tenggara.


Penulis : Agam Rosyidi

%d blogger menyukai ini: