Cara Hindari Spyware di BlackBerry

3010Baru-baru ini beredar sebuah aplikasi malware untuk ‘menguping’ percakapan pribadi seseorang dari perangkat BlackBerry-nya. Aplikasi tersebut bertajuk PhoneSnoop. Aplikasi ini dapat mengubah setup panggilan.

Dari speaker headset menjadi speakerphone secara otomatis. Namun, untuk dapat melakukannya, sang penjahat perlu menginstal aplikasi tersebut terlebih dulu pada perangkat Blackberry sang korban. Tentu saja, tanpa sepengentahuan korban. Untuk mengantisipasinya, para pengguna BlackBerry diimbau untuk memperhatikan keamanan software sejak dini, misalnya mengunci perangkat jika tidak sedang digunakan.

Jika Anda sudah terlanjur menjadi korban, yang perlu Anda lakukan adalah meng-uninstall software tersebut dengan langkah berikut mengklik menu:
– Options ->
– Advanced Options ->
– Applications ->

Cari aplikasi bernama PhoneSnoop lalu klik pada:
– Menu ->
– Delete ->

Dengan begitu, aplikasi akan terhapus dengan sendirinya. Jika diminta untuk reboot atau restart, jangan segan-segan untuk melakukannya. Karena, ini perlu untuk menghapus semua file-file semacam cookies PhoneSnoop dalam sistem perangkat BlackBerry Anda.

%d blogger menyukai ini: