Mengenal Android

Perang android semakin marak tahun ini. Karena itu, saya ingin membahas sekilas tentang android ini. Android, merupakan sebuah platform sekaligus software. Android merupakan sistem operasi berbasis kernel linux. Berbicara linux, maka sudah pasti akan menyinggung open source pula.

Android pada tahun ini, dianggap tahun dimana android akan mulai booming. Karena pada bulan februari ini pun, ponsel-ponsel atau gadget-gagdet yang berbasis android akan di luncurkan di Indonesia. Kalau di luar, sudah di mulai dengan smartphone HTC Hero, lalu di susul vendor motorola dengan milestone, droid, experia dan lain-lain. Lalu yang paling ditunggu-tunggu yaitu dari Nexus One, besutannya Google yang juga sekaligus, si google inilah yang mengembangkan android. Pujian pun datang pada Nexus One, bahkan oleh bapaknya linux, yaitu Linus Torvalds.

Arti android sendiri merupakan automaton in human form. Sesuatu yang otomatis dalam bentuk manusia. Lalu sebenarnya juga, pada awalnya android ini merupakan sebuah perusahaan small startup yang berlokasi di Palo Alto. Lalu pada Juli 2005, Google mengakuisisinya.

Beberapa fitur pengembangan android di antara nya :

* Open Handset Alliance (ada sekitar 30 Perusahaan)
* Open Source
* Linux Platform
* Aplikasi dikembangkan menggunakan program bahasa Java
* Penyimpanan : menggunakan SQLite
* Konektifitas : mendukung GSM/EDGE, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, dan Wi-Fi.
* Messaging : SMS dan juga MMS
* Web Browser : berbasis open source webkit framework.
* Dalvik Virtual Machine : Software yang ditulis menggunakan Java dapat di compile menjadi Dalvik byte codes dan di jalankan melalui dalvik virtual machine, yang merupakan implementasi dari VM yang khusus untuk mobile device, walaupun secara teknis bukan standar Java Virtual Machine.
* Dukungan media : mendukung berbagai media audia/video seperti MPEG-4, H.264, Mp3, AAC, OGG, AMR,JPEG, PNG, GIF.
* Dukungan hardware : video/kamer, touch screen, GPS, accelerometer, dan 3D grafis.
* Development Enviroment : device emulator, tool untuk debug, plugin untuk IDE Eclipse.

sumber : http://alfach.com/

%d blogger menyukai ini: