Bila website Anda terkena iframe injection

Apa Itu Iframe Injection

Iframe adalah sebuah kode pemograman html  yang fungsinya menampilkan halaman website atau script yang di hosting di tempat lain agar tampil menyatu dengan halaman  website anda, seolah-olah halaman atau script itu adalah bagian dari website anda.

Injection adalah aktifitas menyisipkan kode ke dalam sebuah halaman website anda tanpa seizin anda selaku  pemilik dari website tersebut, Iframe Injection adalah aktifitas menysipkan kode-kode  html  Iframe di website anda tanpa seizin anda selaku pemilik website. Yang bikin repot adalah halaman atau script yang di sisipkan kedalam kode tersebut biasanya berisikan spyware, mal ware atau badware yang dapat merugikan website anda dan juga pengunjung website anda.

 

Jika anda pengguna Google Chrome tentu pernah satu atau dua kali ketika sedang browsing tiba-tiba ada keterangan bahwa website yang ingin anda kunjungi tidak aman karena mengandung script dari hosting tertentu, atau jika anda menggunakan anti virus AVG anda mendapatkan informasi bahwa anda tidak dapat mengunjungi website tersebut karena mengandung virus tertentu. Tentu saja hal ini merugikan anda selaku pemilik website karena website anda tidak mendapatkan kunjungan dan tanpa kunjungan apalah arti sebuah website ?.

Darimana Asal Iframe Injection

Biasanya secara tidak sadar anda mendownload sesuatu yang sudah terinfeksi oleh badware, dan badware yang terinstal di pc anda ini mencari password FTP anda dan melaporkannya ke pemilik, dan kemudian sebuah robot pemograman beroperasi secara otomatis menggunakan password yang di dapat itu untuk melakukan injection ke halaman website anda. Oleh karenanya meskipun anda menghapus kode-kode injection di website anda, aktifitas injection ini tidak pernah berhenti sebelum anda menghapus badware dari computer anda.

Biasanya jumlah halaman yang terinfeksi tidak tanggung-tanggung bisa diatas 50 halaman website, meski taget utamanya adalah halam index website. Oleh karenya cara mengatasinya adalah dengan terlebih dahulu menghapus badware yang terinstal secara tidak sengaja itu dari computer anda.

Mengatasi Iframe Injection

Langkah pertama adalah gunakan Anti Virus yang layak untuk melindungi computer anda, karena dengan menggunakan anti virus yang layak ketika secara tidak sengaja anda melakukan instalasi sebuah badware secara otomatis akan ada pemberitahuan bahwa anda akan menginstal sesuatu yang dapat membahayakan komputer anda.

Anda dapat menggunakan anti virus gratis yang cukup ampuh yaitu AVG, silahkan download di situs resminya. Lakukan scan secara menyeluruh terhadap computer anda, dan juga pastikan anda selalu melakukan up date terhadap  anti virus anda. Gunaka juga anti spyware di komputer anda, anti spyware gratis yang dapat anda gunakan adalah Spyware Terminator.

Setelah anda menlakukan scan terhadap komputer anda dengan menggunakan anti virus dan anti spyware, langkah selanjutnya adalah mengganti user  dan password log in ke panel hosting anda, FTP dan administrator website anda. Setelah itu baru lakukan pemberisihan dari kode-kode yang menginfeksi halaman website anda, jika anda melakukan back up secara berkala terhadap website maka anda dapat merestore file-file dengan data backup sebelum website anda terkena injection. Jangan langsung menjadi stress berat jika menghadapi sesuatu yang buruk, tenang dan mulailah mencari jalan keluarnya pasti anda akan dapat menyelesaikan permasalahan anda, selamat berkarya !.

 

Sumber : http://c-4webdesign.info

Oleh Surahman Founder Cipta Karya Mandiri

%d blogger menyukai ini: