Sekilas tentang RSS

RSS (Really Simple Syndication). RSS merupakan salah satu contoh atau lebih tepatnya format data web feed.

Artinya, saat kita melakukan subscribe (berlangganan) web feed blog tersebut, maka seluruh posting yang terdapat pada blog tersebut dapat kita nikmati melalui Google, Bloglines, Netvibes, dan lainnya. Jadi, sama saja dengan memindahkan konten blog ke dalam sebuah aplikasi kita sendiri (disebut dengan aggregator atau feed reader), dan kita dapat terus mengikuti berita terbaru tanpa perlu mengunjungi blog tersebut.

Keuntungan yang akan kita peroleh dari melalukan web feed, antara lain:

  1. Dapat membaca konten dari satu atau lebih website tanpa harus mengunjunginya, termasuk menulusuri konten yang lama, walaupun hal ini tergantung website atau blog yang bersangkutan untuk memberikan batas konten.
  2. Kita dapat mengakses web feed, membaca kapan dan dimana saja, selama kita terhubung dengan internet.
  3. Tidak perlu mendaftarkan alamat e-mail untuk melakukan subscribe, sehingga aman dari spam dan “hadiah” lainnya melalui e-mail, seperti virus, hoax, phising, dan lainnya.

Walaupun demikian, tidak semua website cocok menerapkan web feed, beberapa website yang kurang cocok menerapkan web feed adalah:

  1. Website yang waktu update-nya relatif cepat dan informasi lama sering tidak dipakai lagi. Misalnya, website yang menampilkan informasi mata uang atau harga saham.
  2. Web portal atau web directory.
  3. Web forum.

Web feed tidak selalu memberikan konten penuh, umumnya blog memiliki opsi yang membebaskan pemilik blog untuk memberikan konten penuh atau hanya sebagian kepada feed reader.

Teknologi apa yang yang ada dibalik web feed? Web feed merupakan contoh dari pull technology atau client pull, artinya request (permintaan) berasal dari client (kita), dan akan direspon oleh server.

Secara lebih teknis, web feed merupakan dokumen XML yang memiliki format khusus. Dua format web feed yang umum saat ini adalah format RSS dan Atom.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: